mobil matic

Cara Cepat Bisa Mengendarai Mobil Matic

Bagi orang yang baru pertama kali mengendarai mobil matic pasti akan bingung bagaimana cara menyetir mobil matic. Namun jangan khawatir karena ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda terapkan saat berkendara. Bagi anda yang ingin mencoba mengendarai mobil matic tapi tidak tahu cara menyetir mobil matic. Kami punya solusi yang bisa Anda coba untuk mulai belajar mengendarai mobil matic.

Pastikan tuas di P atau posisi parkir

Sebelum Anda mulai mengemudi dengan mobil matic. Pastikan tuas berada pada posisi yang benar sebelum memulai dan mengemudi. Sebelum menstarter mobil, posisi tuas ini harus di posisi P, atau bisa juga di posisi N. Jika posisi tuas berada di posisi selain P dan N, bisa dipastikan mobil tidak akan bisa distarter.

Jangan mulai segera

Setelah kunci terpasang, pastikan Anda tidak menyalakan mesin terlebih dahulu. Namun, pastikan terlebih dahulu menunggu hingga jarum berputar dan indikator aktif atau menyala. Pada beberapa jenis mobil matic, biasanya untuk memberi indikator menyala dan listrik menyala, mobil akan mengeluarkan bunyi. Jika semua indikator aktif, maka Anda dapat menghidupkan mesin mobil.

Injak rem sebelum memulai

Untuk mobil matic tertentu, mesin mobil tidak akan dalam posisi on jika tidak diinjak dan diinjak pedal rem. Karena itu, yang terbaik adalah jika Anda menyalakan mobil, injak rem saja.

Injak rem saat menggerakkan tuas

Jika mesin sudah menyala dan Anda sudah memastikan langkah sebelumnya aman. Anda sudah bisa mulai memindahkan tuas ke posisi R atau ke posisi D. Tergantung kemana Anda akan keluar. Mobil matic memiliki beberapa pengaturan transmisi seperti P, D, R, N, dan M. Namun saat Anda memindahkan tuas persneling, sebaiknya injak pedal rem. Hal ini berguna untuk mencegah resiko kerusakan pada mesin mobil matic.

Memahami fungsi transmisi

Tuas transmisi atau yang juga dikenal dengan perpindahan gigi merupakan komponen yang sangat penting pada mobil. Pastikan Anda memahami dengan benar setiap fungsi transmisi sebelum mengendarai mobil matic. Selain memberikan rasa aman saat berkendara jika memahaminya, Anda juga akan terhindar dari kesalahan saat perpindahan gigi pada transmisi.

Gunakan mode mengemudi

Kini berbagai mobil matic bahkan sudah dilengkapi dengan riding mode. Anda dapat memilih mode yang sesuai, salah satunya adalah mode ekonomis. Mode ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berkendara lebih santai menggunakan mobil matic. Jika Anda ingin berkendara dengan kecepatan lebih tinggi, Anda dapat menggunakan mode sport. Mode ini akan membuat performa mesin mobil lebih maksimal.

Itulah beberapa cara mengendarai mobil matic yang bisa anda gunakan untuk belajar. Namun sebelum Anda mulai berkendara di jalan raya, pastikan Anda memahami rambu-rambu lalu lintas dan juga tetap waspada.

Celana Pendek Pria Previous post 4 Rekomendasi Celana Pendek Pria di Tahun 2023
redmibook 15 Next post Mari Mengulas Tentang Spesifikasi Laptop Redmibook 15